Mengapa ada ras kulit hitam di benua asia???


Contoh kasus disini adalah orang papua,, pertanyaannya adalah, hampir seluruh orang asia adalah mempunyai kulit kuning sampai coklat, akan tetapi di pulau papua terdapat orang-orang berkulit hitam, mirip dengan ras negroid di afrika sana.
 ya benar, mereka berasal dari benua afrika sana,,
lho?? ngapain mereka pada berbondong2 pindah dari afrika ke papua?? jauuuuuuhhhhhh tau, lagian jaman dulu mana ada pesawat!!! apa iya mereka berenang???
mereka memang berpindah, akan tetapi mereka tidak menyadarinya, karena yang berpindah bukan manusianya, akan tetapi PULAU mereka yang berpindah!
woooowwwww,, ngapusi koe ndessss!!! (artinya : kamu bohong ah!!!)
inilah yang disebut dengan teori tektonik lempeng.. :)
dalam istilah geologi, “lempeng” adalah bagian bumi berupa “batuan yang sangat luas”, sementara “tektonik” berasal dari bahasa latin yang berarti “membangun”,, jika kedua kata tersebut digabungkan, maka “tektonik lempeng” berarti permukaan bumi yang tersusun atas beberapa lempeng yang saling bergerak.
Data  yang mendukung teori Lempeng Tektonik:
1.  Tepi benua amerika Selatan dan Afrika Barat yang nyaris sama
2.  Litologi (jenis batuan), fosil dan struktur batuan yang sama di Amerika, Afrika dan lainnya sebelum jaman Mezosoikum ( sekitar 200 juta tahun yang lalu)
3.  “Pemekaran dasar laut”  (sea-floor spreading) dan orientasi magnit pada batuan (polar wander)
4. Pergerakan benua dan laut, yang  tetap terjadi hingga kini.
Tepi benua Afrika dan Amerika yang hampir sama
naaaahh,, sekarang coba lihat gambar dibawah ini…
Tektonik indonesia
dari gambar diatas (tektonik indonesia), kita bisa lihat bahwa papua termasuk kedalam warna merah,, warna merah tersebut adalah lempeng indo-australia,, jadi, kita sepakat bahwa pulau papua merupakan bagian dari lempeng indo-australia (warna merah) dan bukan bagian dari lempeng eurasia (warna hijau).
naah,, sekarang kita terbaaang lagi semakin tinggi, sehingga bisa melihat bumi kita secara utuh, dan juga cerita perjalanan bumi dari masa ke masa… lihat gambar dibawah ini
sejarah perkembangan bumi (klik gambar untuk memperbesar)
dari gambar diatas bisa kita lihat bahwa pada 200 juta tahun yang lalu, bumi hanya terdiri dari 1 benua saja, yaitu PANGEA. akibat dari revolusi dan rotasi bumi yang selalu berputar, bagian dalam dari perut bumi yang cair berguncang dan membentuk arus konveksi yang memisahkan benua pangea tersebut. sehingga pada 135 juta tahun yang lau, PANGEA pecah menjadi 2 lempeng raksasa, yaitu LAURASIA dibagian utara dan GONDWANA dibagian selatan.
naaah,, pada perkembangannya nanti, lempeng laurasia ini akan berkembang menjadi lempeng EURASIA, dan lempeng gondwana akan berkembang menjadi lempeng afrika, amerika selatan, dan INDO-AUSTRALIA (induk dari pulau papua).

kembali ke gambar sejarah perkembangan bumi diatas, pada 65 juta tahun yang lalu, lempeng GONDWANA pecah menjadi 5 lempeng besar, yaitu lempeng amerika selatan, afrika, india, australia, dan antartika. dari gambar bisa kita lihat bahwa benua australia mulai nakal, dan berlayar jauh ke arah timur laut dan meninggalkan teman-temannya di antartika. dan akhirnya lempeng indo-australia ini bertabrakan dengan lempeng eurasia dan pulau kecilnya yang bernama PAPUA terlepas dan bertabrakan dengan lempeng pasipik dan eurasia,,,

Dunia telah memberikan batas negara, dan telah mengakui bahwa pulau PAPUA merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang notabene adalah negara di benua ASIA. sehingga walaupun nenek moyang mereka berasa dari afrika, akan tetapi tektonik lempeng telah memisahkan mereka dan sekarang mereka telah menjadi warga benua ASIA.
Naaah,, jadi yg pindah itu bukan orangnya, tapi pulaunya, pindah secara perlahan-lahan, selama ratuan juta tahun sehingga orang yang ada di pulau itu pun tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya telah terpisah dari nenek moyang mereka.. :)

 *notes : statement ini hanya asumsi penulis yang bersifat sangat spekluatif, tanpa melakukan penelitian apapun, hanya ide yang muncul di kamar mandi aja gan, hehe.. Penelitian yang sudah dilakukan untuk menunjang teori tektonik ini adalah penemuan hewan di papua yang identik dengan hewan di australia. Lalu, manusia di papua sendiri jg mirip kok sama suku aboringin nya australia, jadi????
By : Demi Nawipa (Geo.07 UNIPA)

0 komentar Blogger 0 Facebook

 
GP3PB News | Women's Liberation Movement West Papua (GP3PB) © 2014. All Rights Reserved. Share on Koteka Creating Weblog. Powered by KBK Papua
Top